Keturunan Sayyidina Anas Bin Malik

May 25, 2016


Gambar adalah Syeikh Muhammad Al-Khozroji yang merupakan keturunan dari Sayyidina Anas bin Malik r.a, khodim (pembantu) Rosululloh SAW. Sebagaimana datuknya, Syeikh Muhammad adalah orang yang 'apik' dalam menjaga dan menyimpan rambut baginda Nabi Muhammad SAW, hingga pada akhirnya koleksi berharga dan mulia peninggalan Rosululloh SAW tersebut masih dapat kita lihat hingga kini].

Saat memasuki usia dewasa, Rosululloh SAW pernah mendo'akan sayyidina Anas bin Malik r.a. dengan keberkahan harta, keturunan serta usia.

Sehingga setelah Rosululloh SAW wafat, sayyidina Anas dilimpahi kekayaan yang banyak, anak yang banyak, dan usia 100 tahun lebih, hal itu menjadikannya sebagai sahabat Rosululloh SAW yang paling akhir wafatnya (berumur panjang).

Sebelum wafat, sayyidina Anas bin Malik berwasiat agar jenazahnya nanti dikuburkan bersama botol yang berisi keringat Rosululloh SAW serta beberapa helai rambut Rosululloh SAW untuk diletakkan di atas kedua pelupuk matanya.

Sahabat Rosul SAW telah melakukan hal demikian!
Hal itu adalah sebagai bentuk Mahabbatulloh warosuulih (Cinta Kepada Alloh dan Rosul-Nya). Bukan 'ghuluw' atau 'syirik' sebagaimana anggapan orang-orang zaman sekarang yang pemahamannya dangkal.

Sayyidina Anas bin Malik al-Anshori r.a. mengabdi selama 10 tahun menjadi khodim Rosululloh SAW. Betapa beruntungnya beliau karena begitu dekat dan khidmat dalam melayani keperluan dari seorang pemimpin Dunia dan Akhirat yaitu Sayyidina Muhammad SAW.

Comments