Jangan Selewengkan Ajaran Islam



JANGAN SELEWENGKAN AJARAN ISLAM

Ustaz Sayed Hasan Alatas

http://www.shiar-islam.com

ISLAM melarang ummatnya memaki (atau mencerca) agama lain karena amalan seperti ini membuatkan penganut agama lain merasa dihinakan, hal seperti ini akan membuat haru biru dalam msyarakat. Demkian pula pihak lainnya jangan pula berusaha menyelewengkan ajaran Islam yang sebenarnya, hal ini dapat kita saksikan dalam msyarakat ummat manusia, sehingga timbul keadaan yang tidak aman dalam masyarakat yang berbilang agama.

Allah berfirman dalam al-Quran surah Al-An'am 108 yang bermaksud:

"Dan janganlah kamu maki (cerca) apa yang mereka seru selain Allah, karena mereka akan memaki Allah (pula) dengan sebab tidak ada Ilmu. Seperti demikianlah telah Kami hiasi bagi tiap-tiap ummat akan amalan mereka, kemudian itu kepada Tuhan mereka tempat pengembalian mereka, maka Dia akan menerangkan kepada mereka apa-apa yang telah mereka kerjakan itu."

Dalam ayat ini diperingatkan kepada seluruh orang Mukmin, bahwa berhala yang disembah oleh orang jahiliah itu jangalah dimaki atau dihinakan. Lebih baik tunjukkan saja dengan alasan yang masuk akal bagaimana keburukan menyembah berhala. Demikian pula sepatutnya dilakukan oleh pihak lain terhadap Islam. Sebab pengertian Allah dalam Islam sangat berbeda dengan pahaman lain agama, hal ini jelas disebutkan dalam al-Quran yang bermaksud:

Katakanlah "Dia adalah Allah yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepadaNya segala sesuatu. Tiada beranak dan tiada pula diperanakkan. Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.
(Q.S.Al-Ikhlas 1-4).

Oleh itu marilah kita tidak saling menghina antara satu dan lainya berdakwahlah dengan bijaksana, janganlah menafsirkan istilah Allah,
secara menyalahi maksud yang sebenarnya. Jika hal ini dapat dilaksnakan dengan baik, Insya Allah kita dapat hidup dengan aman dan
damai dan dalam keredhaan Allah SWT, amin ya Rabbal almin.

Comments